Sekilas tampak biasa, setelah diamati foto bocah laki-laki ini bikin merinding

Sekilas tampak biasa, setelah diamati foto bocah ini bikin merinding

Hal-hal yang dianggap aneh dan kadang diluar nalar memang akan dengan cepat menyebar yang kemudian menjadi viral di media sosial.

Seperti halnya foto bocah pria ini. Foto tersebut merupakan kiriman seorang pria bernama Luke Mandle. Ia meminta para netizen untuk menjelaskan foto tersebut.

Sekilas, foto bocah pria yang sedang memasak itu memang terlihat biasa saja. Ia tampak berdiri di samping kompor sambil bertelanjang dada.

Ekspresi bocah tersebut seakan gak siap ketika akan difoto. Bocah itu tampak sedang berkedip saat kamera memotretnya.

Namun yang aneh adalah pantulan wajah bocah tersebut pada layar televisi yang terdapat di samping bocah tersebut.

Jika aslinya bocah tersebut memjamkan mata seraya berkedip, maka berbeda dengan pantulannya. Di pantulan yang terdapat di layar TV, bocah itu terlihat jelas membuka matanya.

Tentu saja perbedaan itu membuat netizen merinding. Namun ada tiga teori yang diulas oleh Petapixel.com untuk menjelaskan keanehan dari foto tersebut.

Teori pertama terbilang cukup mudah, yakni Photoshop. Ada netizen yang menduga bahwa foto tersebut hanyalah sebuah editan, dan masalah pun selesai.

Ada pula yang menyebutkan mata bocah tersebut dengan pantulan terlihat berbeda karena ilusi optik saja.

Dan teori ketigalah yang memiliki penjelasan rumit, yakni 'rolling shutter'.

Prinsipnya, bocah itu mengedipkan matanya lebih cepat daripada shutter kamera. Sama seperti mengedipkan mata, kamera pun perlu 'mengedipkan' shutternya saat mengambil gambar.

Ketika mengambil foto obyek yang bergerak, hasil foto akan memperlihatkan hasil yang berbeda dengan apa yang dilihat oleh mata.

Jadi saat bocah itu berkedip, diperlukan waktu sekitar 100-400 milidetik. Saat shutter menuju ke arah layar tv, bocah itu sudah selesai mengedipkan matanya sehingga menghasilkan foto yang agak mengerikan itu.

0 Response to "Sekilas tampak biasa, setelah diamati foto bocah laki-laki ini bikin merinding"

Post a Comment