Tahun 2017 Menjadi Momen Kebangkitan Pabrikan Smartphone ...

Tahun 2017 Menjadi Momen Kebangkitan Pabrikan Smartphone ...
BEIJING - Momen 2017 menjadi tahun yang cukup menarik bagi pabrikan smartphone asal China. Beberapa perusahaan China berhasil tumbuh cukup signifikan, bahkan Huawei berhasil mengejar Apple dalam penjualan skala global.

Seperti apa strategi pabrikan China dalam menguasai pasar ponsel dunia? Berikut penjelasannya yang disadur dari laman Android Headlines.

Pada tahun ini banyak produsen smartphone papan atas China yang sukses memangkas bezel-nya. Antara lain, Huawei, OnePlus, Oppo, dan Vivo.

Huawei telah memperkenalkan flagship andalannya, Huawei Mate 10 yaitu Huawei Mate 10, Mate 10 Pro, dan Porsche Design Mate 10. Semuanya memiliki bezel sangat tipis dibandingkan varian seperti Huawei Mate 10, Huawei P11 atau P11 Plus.

Hal yang sama juga dilakukan brand OnePlus yang sukses melepas OnePlus 5T. Walaupun sangat mirip dengan OnePlus 5 di banyak area, termasuk SoC, RAM, dan storage, perangkat menampilkan layar yang lebih besar dan bezel yang sangat tipis. Oppo dan Vivo juga merilis beberapa ponsel dengan tepian yang tampak lebih tipis, misalnya Vivo V7 dan Oppo R11s.

Xiaomi adalah perusahaan lain yang mulai melakukan pemangkasan bezel di produknya. Saat mereka merilis Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang hampir setara dengan beberapa perangkat di atas, itu hanya permulaan bagi Xiaomi dalam melahirkan perangkat berdesain elegan.

Selain desain sangat tipis, nilai lebihnya adalah Redmi 5 dan 5 Plus merupakan smartphone dengan harga sangat terjangkau. Bezel yang lebih tipis lagi tampaknya segera konsumen dapatkan di beberapa ponsel Xiaomi yang akan datang. Huawei mungkin juga akan mendorong kelahiran jajaran smartphone unggulan "P" dengan tanpa bezel dilayarnya.

ZTE dan Nubia juga layak disebutkan di sini karena Nubia Z17 adalah salah satu smartphone China yang tampak lebih bagus di desain mengingat bezel-nya sangat tipis. Sayangnya ketersediaan handset ini sangat sulit ditemukan di beberapa daerah.

ZTE juga tak mau kalah. Tahun ini mereka memang tidak mengenalkan andalannya, tapi tahun depan mereka bersiap merilis flagship-nya dengan merek Axon.

Xiaomi Bukan Hanya Besar di China
Xiaomi adalah salah satu perusahaan China paling populer yang cukup sukses dan patut diperhitungkan mengingat usianya tergolong masih muda. Mereka baru didirikan pada 2010 lalu.

Sempat menjadi penguasa pasar ponsel China pada 2016, tahun ini mereka mereka kalah pamor dibandingkan Huawei, Oppo, Vivo. Meskipun Xiaomi tumbang di China, tapi mereka berhasil tumbuh dalam skala global.

Bahkan di India pertumbuhannya sangat mengejutkan. Xiaomi berhasil menyusul Samsung dan menjadi produsen smartphone pertama di India yang melakukannya.

Perlu dicatat juga bahwa Xiaomi berhasil menjual lebih dari 90 juta smartphone pada 2017. Sejauh ini perusahaan mencatat telah mencapai target beberapa bulan sebelum akhir tahun.

0 Response to "Tahun 2017 Menjadi Momen Kebangkitan Pabrikan Smartphone ..."

Post a Comment